SubDen-1 Den-B Pelopor Merauke   7 comments

Pada postingan terdahulu, saya mengangkat profil tentang Brimob Merauke yang menjelaskan keberadaan, sejarah singkat maupun aktifitas personelnya. Pada postingan ini saya akan sharing tentang keberadaan Brimob Merauke yang sudah berganti nama berikut berbagai kegiatan saat ini.

Brimob Merauke sudah beberapa kali berganti nama, mulai dari Kompi 5121 kemudian Kompi 3 Batalyon B kemudian berganti lagi menjadi Kompi 1 Detasemen B dan pada tanggal 1 Januari 2011 menjadi SubDen 1 Den-B Pelopor dengan satuan induk yaitu Sat Brimob Polda Papua. Dalam peralihan nama tersebut seluruh anggota diwajibkan melaksanakan latihan / kualifikasi Pelopor yang dilaksanakan selama 3 minggu.

Saat ini SubDen 1 Den-B Pelopor Merauke dibawah pimpinan KaSubden 1 yaitu AKP. Eko Sumaryanto, S.Ik dan dibantu oleh WakaSubden 1 yaitu Iptu. Moh. Nasrullah, S.Pd. Dengan kepemimpinannya, KaSubden mengedepankan masalah fisik, teknis latihan dan teknologi informasi. Untuk teknologi informasi SubDen 1 sudah memiliki fasilitas internet sehingga para anggota bisa mengakses informasi yang dapat menambah ilmu pengetahuannya dalam bidang kedinasan maupun secara umum.

“Tiada Hari Tanpa Latihan” itulah salah satu motto dari SubDen 1 Den-B Pelopor, kegiatan latihan sudah terjadwal mulai hari senin hingga sabtu, berikut jadwal kegiatannya:

  • Hari Senin dilaksanakan kegiatan PBB
  • Hari Selasa dilaksanakan kegiatan PHH / Menembak
  • Hari Rabu dilaksanakan kegiatan SAR / Binroh
  • Hari Kamis dilaksanakan kegiatan Wanterror / Bela diri
  • Hari Jumat melaksanakan Lintas medan / Olah raga umum
  • Hari Sabtu melaksanakan kegiatan Jibom / Resmob

Dengan latihan-latihan yang terprogram ini, fisik para anggota senantiasa terjaga dan lebih professional sehingga kedepannya nanti dapat siap sedia menangkal segala bentuk  ancaman dan gangguan.

SubDen 1 Den-B Pelopor Merauke telah membentuk tim khusus yang terdiri dari 12 orang. Tim ini di beri nama “Tim 12” yang bertugas paling depan apabila terjadi serangan teroris dan penyanderaan. Personel Tim ini sudah di bekali latihan teknis Wanteror dan teruji fisik maupun mentalnya sehingga mampu menghadapi keadaan terberat sekalipun. Berikut nama-nama Tim 12:

  1. Bripka. Toto H. Dahlan
  2. Brigadir. Agapitus Mayabubun
  3. Brigadir. Soleh
  4. Brigadir. Natalius A.B Keymans
  5. Briptu . I r s u l
  6. Briptu. Indria M. Putra
  7. Briptu. Apriansyah
  8. Briptu. Syamsul,
  9. Briptu. Aleks Fofied
  10. Bripda.  Astaman
  11. Bripda. Tandilawa .A  Dona
  12. Bripda . Sirilius Biri

Gambar-gambar kegiatan anggota SubDen 1 Den-B Pelopor Merauke:

.

Anggota melaksanakan latihan Wanteror dan Bela diri. Bela diri yang dilaksanakan adalah Boxer atau lebih dikenal Tarung Derajat.

Tim 12 sedang melaksanakan latihan penggerebekan sebuah gedung yang diasumsikan ada beberapa teroris.

Anggota melaksanakan olah raga, untuk fasilitas olah raga terdapat lapangan Basket, lapangan Voli, lapangan Sepak bola, gedung aula yang juga berfungsi untuk lapangan Badminton, Meja Pimpong dan media olah raga yang terkecil adalah papan Catur.

Anggota sedang makan bersama. Beginilah bentuk kebersamaan anggota Brimob Merauke untuk menambah keakraban satu sama lain sehingga Jiwa Korsa melekat dalam diri masing-masing.

Saat-saat setelah menerima kenaikan pangkat. Anggota sangat  bersuka cita dengan kenaikan pangkat satu tingkat, diharapkan anggota lebih dewasa dan professional dalam menjalankan tugas. Kenaikan pangkat 1 Januari 2011 ini diantaranya yang paling senior adalah Aiptu. Rupi’i dan yang paling junior adalah Briptu. Hasran.

Anggota Staf SubDen 1 sedang bekerja menyelesaikan berkas-berkas administrasi yang ada. Diantaranya adalah Kabagmin yaitu Aiptu. Tukiran.

Anggota SubDen 1 sering kali bertemu dengan petugas patroli kepolisian elit Papua New Guinea di wilayah perbatasan. Brigadir. Hadi dengan kemampuan bahasa inggrisnya sering kali berbagi pengalaman kedinasan dengan petugas PNG atau biasa kami sebut “Mobile Squad”.

7 responses to “SubDen-1 Den-B Pelopor Merauke

Subscribe to comments with RSS.

  1. sekali melangkah pantang menyerah sekali tampil harus berhasil maju terus gempur hancurkan semua penghianat

  2. Salam brigade dari brigadir mawardi bamin detasemen gegana ijin bertanya mau tau anggota brimob merauke yang mengikuti dasba angkatan 23 tahun 2007 soalx satu peletonku dari brimob merauke

  3. Saya brigadir mawardi bamin den gegana sat brimobda sultra bravo brigade

  4. salam komando dari briptu apriansyah brig Ditreskrimum sub dit III Jatanras Polda Sumsel Unit Bunuh / Anirat yg dulu pernah dinas di Subden 1 Brimob marauke…

  5. salam brigade mas jim gimana kbrnya dan kbrnya teman2 dimerauke …..tambah jaya dan suksesnya.semoga brimob merauke tambah jaya dan sukses.

Tinggalkan komentar