Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL).   15 comments

Di kawasan BumiMoro Kobangdikal nan asri, merupakan  area kawah candra dimuka dimana prajurit TNI Matra Laut ditempa, kokoh berdiri Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL).

STTAL merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah naungan organisasi TNI-AL yang berdiri sejak tahun 1966 dan telah melahirkan banyak sarjana (S-1) dan sarjana muda (A.Md) yang lulusannya secara langsung dimanfaatkan ilmunya dalam kedinasan dan tersebar ke seluruh wilayah di lingkungan TNI-AL dan TNI/Polri.

Pembukaan pendidikan secara rutin dilaksanakan tiap tahunnya. Begitu pula dengan penutupan pendidikan dilaksanakan tiap tahun dalam bentuk kegiatan wisuda STTAL.  Bagi calon mahasiswa harus menjalani serangkaian tes diantaranya ; tes akademik (Matematika, Fisika, Bhs.inggris, kejuangan dsb) menurut jurusan yang di ambil, tes psikologi, tes kesamaptaan dan pantokhir. Setelah dinyatakan lulus tes maka dilanjutkan dengan kuliah penyegaran (Matrikulasi).

STTAL terdiri dari 4 jurusan yaitu : teknik mesin, teknik elektro, teknik industry, dan teknik hidro-oseanografi. STTAL di kepalai oleh seorang Kolonel dan masing-masing jurusan di kepalai seorang Letkol, dan peran terpenting adalah jabatan Dankorsis (Komandan Koordinator Mahasiswa) yang berfungsi sebagai pengendali sekaligus pengawas bagi mahasiswa. Dankorsis juga berfungsi sebagai kepanjangan tangan Komandan STTAL berkaitan dengan kemahasiswaan serta sebagai jembatan penghubung  antara mahasiswa dengan lembaga STTAL.

.

Mahasiswa STTAL terdiri dari Pasis (Perwira mahasiswa) untuk program studi Sarjana (S-1) dan Basis (Bintara mahasiswa) untuk program studi Diploma III (D-III), dan berasal dari 3 Angkatan (TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU) dan Polri.

Masa Orientasi Mahasiswa (MOM) dilaksanakan menjelang menjelang masa awal perkuliahan mahasiswa angkatan baru, baik Pasis maupun Basis. Kegiatan orientasi ini dilaksanakan oleh kesenatan mahasiswa STTAL dengan area kegiatan di lingkungan Kobangdikal.

.

.

.

.

Bagi mahasiswa STTAL pada pertengahan semester wajib melaksanakan UTS (UjianTengah Semester) dan dilanjutkan UAS (Ujian Akhir Semester) yang dilaksanakan pada akhir semester. Sebagai tahap akhir akademik, mahasiswa melaksanakan ujian skripsi / tugas akhir di akhir pendidikan sebagai syarat kelulusan.

.

.

.

.

Latihan praktek (Latek) merupakan bagian dari operasional pendidikan berisikan tentang pendalaman materi kuliah dalam tiap semesternya melalui praktikum yang di laksanakan di laboratorium maupun dilapangan (offsore). Studi banding adalah kegiatan penambahan wawasan dan pengetahuan secara nyata melalui kunjungan kerjasama dengan pihak/instansi lain.

Waktu pendidikan yang di tempuh bagi Pasis (S-1) adalah 2,5 tahun dan bagi Basis (D-3) menjalani 3 tahun pendidikan, untuk tenaga pengajar/ dosen berasal dari STTAL dan sebagian besar pengajar yang berasal dari beberapa perguruan tinggi terkenal, seperti contoh ITS, ITATS, STIKOM, dll.

15 responses to “Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL).

Subscribe to comments with RSS.

  1. mantap lanjutkan perjuangan di bhumi STTAL

  2. kasih info dong tentang pendaftaran STTAD DAN STTAL 2012

  3. NUMPANG JUALAN http://www.loak-loak.blogspot.com yang pengen cari jam G-Shock keren, Jam ber merk, dompet eksklusif, kacamata sun glass polarize, kacamata fun bike 5 lensa…silahkan kunjungi blog ini http://www.loak-loak.blogspot.com

  4. bagaimana cara pendaftarannya ??

  5. Untuk syarat wajib hanya tni/polri saja yaa..?
    Kalau untuk lulusan SMA tidak bisa ya..? bisa mendaftar kemana lagi selain sttal?

  6. Pengen banget jadi perwira Angkatan Laut

  7. http://www.sttal.ac.id web nya lagi di hack menghalangi orang buat daftar aja nih yang nge hack

  8. amannnnn….semuanya….bgaimana kabar semuanya…???

  9. saya mau tanya, kalo selama jdi siswa di sttal itu ga boleh nikah, benar apa ga?

  10. saya mau tanya, kalo selama menjadi siswa di sttal itu ga boleh nikah, benar apa ga ya?

  11. kapan pembukan STTAL dibuka ? bln apa?

Tinggalkan komentar